Thursday, June 19, 2014

SBMPTN 2014 Adat Setelah Ujian Pasti Banyak Sampah

SBMPTN yang kemarin digelar serentak seluruh Indonesia menjadi gerbang tantangan masuk ribuan calon mahasiswa yang berharap dapat diterima di perguruan negeri yang menjadi favorit calon mahasiswa, mungkin judul yang saya tulis memanglah tepat mengingat kenyataan yang ada dimana pasca SBMPTN pasti akan menyisakan puluhan kilo sampah yang berupa brosur-brosur Perguruan tinggi yang sedang mencari calon mahasiswa.

Bayangkan saja berapa Ton sampah brosur yang dihasilkan bil dikumpulkan dari seluruh PTN yang ada di Indonesia, sangat banyaknya rekan-rekan yang masih kurang peduli akan lingkungan membuat praktik seperti ini seakan sudah menjadi adat dimana ketika peserta ujian keluar dari gerbang kampus maka akan disambut oleh puluhan penyebar brosur yang membagi-bagikan brosur dari beberapa perguruan tinggi lainya. dan setelah itu sudah dapat ditebak, ketika tidak dirasa perlu maka brosur tersebut akan dibuang begitu saja seakan itu hanya sampah.

Sadarkah kalian bahwa brosur yang kalian buang terbuat dari apa??

Kebanyakan brosur-brosur dicetak dengan bahan dasar kertas, dimana kertas diperoleh dari hasil pengolahan Pohon. ya Pohon... Semakin banyak kita membuang kertas maka semakin banyak pula pohon yang ditebang untuk membuatnya. belum lagi ditambah bahan prastik yang ada dalam campuran brosur tersebut, bila dibuang berserakan maka sampah tersebut tidak akan dapat terurai setidaknya dalam waktu ratusan tahun tanpa adanya pengolahan.


Credit Image : Infokom_AB

No comments:

Post a Comment