Tuesday, May 27, 2014

Pengembangan Pembelajaran, Teori Belajar Dienes

EBOOK Pengembangan Pembelajaran Matematika Unit 2

Cuplikan :

UNIT 2
TEORI BELAJAR DIENES
Somakim
PENDAHULUAN

Pengajaran matematika di Sekolah Dasar sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, menurut kurikulum 2006, bertujuan antara lain agar siswa memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan
dan pernyataan matematika. Hal ini mengisyaratkan bahwa pelajaran matematika pada dasarnya sangatlah abstrak, sehingga diperlukan metode atau strategi dalam menyampaikan materi matematika yang abstrak tersebut menjadi konkret, selanjutnya dari permasalahan yang konkret tesebut baru dialihkan kebentuk konsep-konsep matematika yang abstrak. Untuk mengawali penyampaian materi matematika yang abstrak melalui konkret itu dapat berpedoman pada teori belajar Dienes. Pada teori belajar Dienes, ditekankan pada pembentukan konsep-konsep melalui permainan yang mengarah pada pembentukkan konsep yang abstrak. Dengan demikian teori belajar Dienes sangatlah cocok diterapkan dalam pembelajaran
matematika.

Teori belajar Dienes ini juga sangat terkait dengan teori belajar Piaget dan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Oleh karena itu dalam tulisan ini juga dibahas tentang teori belajar Dienes dan PAKEMPada Unit 2 ini Anda akan mengetahui dan memahami lebih rinci mengenai
toeri belajar Dienes dan teori belajar yang terkait dengan teori Dienes. Pembahasannya juga diikuti dengan contoh-contoh. Dengan demikian Anda diharapkan benar-benar memahami materi Unit 2 ini. Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan pendekatan pembelajaran matematika
dengan pendekatan teori belajar Dienes. Secara lebih terperinci, Anda diharapkan dapat: 
  1. Memahami dan dapat menggunakan teori Dienes dalam pembelajaran matematika; 
  2. Memahami keterkaitan teori belajar Dienes dengan teori Piaget; 
  3. Memahami keterkaitan teori belajar Dienes dengan PAKEM; 
  4. Memahami dan dapat menggunakan enam tahap belajar dari teori Dienes; 
  5. Mengenal setiap individu anak didiknya dalam belajar matematika; 
  6. Memahami teori belajar dan mengajar matematika di Sekolah Dasar berdasarkan teori Dienes; 
  7. Memberi kesan pada anak didiknya  bahwa matematika tidak sulit tetapi menantang melalui permainan matematika; 
  8. Meningkatkan faktor pengaruh yang menyenangkan anak didik dalam belajar matematika.  
Untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, modul ini dibagi ke dalam dua sub unit sebagai berikut:
Sub Unit 1 : Konsep Dasar Teori Belajar Dienes
Sub Unit 2 : Penerapan Teori Belajar Dienes dalam Pembelajaran Matematika
Untuk memahami ketiga sub unit di atas, Anda dituntut untuk membaca setiap uraian materi dengan cermat, mencatat kata-kata kuncinya, serta mengerjakan latihan dan tes formatif secara disiplin. Dengan mengikuti petunjuk ini, mudah-mudahan mempelajari modul akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda dan kesuksesan menanti Anda.


SCREEN SHOT


Link Download
klik link diatas


ILSUS
Ilmu Seputar Dunia Kampus


No comments:

Post a Comment